Nama : Christiana Sinta
NIM : ACC 115 042
Dosen Pengampu : Nopriawan Berkat Asi,S.Si,M.Pd
Tugas
Membuat kajian strategi pembelajaran kimia berbasis komputer.
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KIMIA
Strategi pembelajaran kimia adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan
untuk mencapai sasaran khusus menggunakan komputer sebagai alat bantu menyampaikan
materi pembelajaran kimia dalam variasi mengajar yang tidak seperti biasanya.
Diperlukannya strategi ini adalah untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang
semakin pesat dan sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil
teknologi dalam proses belajar, dimana para guru dituntut agar mampu
menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup
kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan
zaman seperti komputer.
Di era teknologi sekarang di Indonesia, dikenal model pembelajaran
berbasis komputer yang adalah model
pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa. Pada
dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran yang
cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik
dengan konteks teknologi. Pengaruh kekuatan teknologi pembelajaran memang
terletak pada teknologi itu sendiri, dengan kemajuan dalam teknologi akan
banyak merubah hakekat praktek dalam bidang teknologi pembelajaran.
Teknologi telah
memberikan prospek munculnya stimulus yang realistik, memberikan akses terhadap
sejumlah besar informasi dalam waktu yang cepat, menghubungkan informasi dan
media dengan cepat, dan dapat menghilangkan jarak antara pengajar dan
pembelajar. Dalam mengembangkan pembelajaran
kimia berbasis komputer ini, sekolah-sekolah menyediakan komputer
beserta jaringan internet untuk siswanya dengan membangun laboratorium komputer. Dalam pembelajaran berbasis
komputer, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan
komputer. Interaksi antara komputer dengan peserta didik ini terjadi secara
individual, sehingga apa yang dialami oleh seorang peserta didik akan berbeda
dengan apa yang dialami oleh peserta didik yang lainnya (karena siswa memiliki
imajinasinya sendiri).
Adapun kelemahan dan kelebihan strategi pembelajaran kimia berbasis
komputer ini adalah:
Kelebihan
|
Kekurangan
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar